5 Maanfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Sayang sekali saya merindukan sejuknya udara pagi dan hangatnya alam, namun jarang orang menikmati kebaikan pagi dengan berolahraga seperti lari pagi. Ya, banyak orang yang belum mengetahui seberapa besar manfaat lari pagi bagi kesehatan fisik Anda. Jika sudah tahu, tinggalkan tempat tidur empuk dan selimut hangat keesokan paginya.

Meskipun demikian, banyak kendala untuk melakukan olahraga sehat di pagi hari, seperti mendesak pergi ke kantor untuk menghindari kemacetan lalu lintas atau menyelesaikan tugas yang harus segera dikumpulkan. .. Namun jika Anda benar-benar menginginkan manfaat lari pagi untuk kesehatan fisik, Anda bisa menghindari semua itu.

1. Jantung sehat

Saat kita berlari, otot-otot kaki bekerja dan tidak hanya meningkatkan fungsi, tetapi juga jantung secara aktif memompa darah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen dari otot-otot yang digunakan untuk berlari. Saat berlari di pagi hari menjadi rutinitas, jantung dilatih untuk terus berfungsi lebih baik daripada jantung yang tidak terlatih.

2. Mengatasi tekanan darah tinggi

Latihan aerobik, seperti lari pagi, dinilai tidak banyak memberikan manfaat dalam melancarkan peredaran darah. Gerakan lari pagi yang nyaman cukup proporsional untuk menjaga pola detak jantung Anda. Ini akan membuat tekanan darah Anda lebih normal dan detak jantung Anda teratur.

Orang dengan tekanan darah tinggi atau tekanan darah tinggi tidak boleh melakukan olahraga berat yang merangsang jantung, seperti lari cepat atau bermain sepak bola. Namun, para ahli menyarankan agar Anda mulai membiasakan lari pagi dengan catatan lari yang tidak boleh terburu-buru. Bicaralah dengan dokter Anda tentang masalah ini.

3. Paru-paru sehat

Udara terbersih dengan kandungan oksigen tertinggi adalah di pagi hari dan otomatis disuplai saat Anda berlari di pagi hari. Tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen, terutama dengan bernapas lebih sering saat kita berlari dan menghirup lebih banyak udara kaya oksigen di paru-paru. Tentu saja hal ini membuat paru-paru Anda lebih sehat.

See also  Inilah Beberapa Cara Untuk Mengembalikan Wifi Yang Hilang

4. Pernapasan yang sehat

Untuk alasan ini, sistem pernapasan lainnya juga sehat dan sangat cocok untuk orang dengan penyakit pernapasan atau penyakit seperti asma, COPD, dan bronkitis.

Hal ini juga didukung oleh penelitian terhadap pasien asma, dan dianjurkan untuk lari pagi secara rutin setiap minggu selama 3 bulan. Hasilnya benar-benar mengasyikkan. Serangan asma jarang kambuh setelah lari pagi setiap hari. Mereka merasa lebih baik bernapas.

5. Otot yang kuat dan sehat

Otot adalah bagian dari tubuh kita dan kemampuannya meningkat ketika dirangsang ke tingkat tertentu. Ketika otot-otot kaki digunakan untuk lari pagi, ia beradaptasi, membentuk massa yang lebih padat, mempertahankan lebih banyak energi dan, tentu saja, menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Namun, jika Anda tidak melanjutkan rutinitas lari pagi, otot-otot Anda akan kembali normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *