5 Maanfaat Memakan Telur Dan Tips Makan Kuning Telur

1. Mengurangi risiko peradangan dan penyakit kronis

Manfaat kesehatan nomor satu dari kuning telur adalah pengurangan risiko peradangan dan penyakit kronis. Kuning telur menyimpan banyak lemak telur, tetapi ada juga yang mengandung lemak omega-3 yang sehat.

Kuning telur, bersama dengan vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya, membantu meningkatkan kesehatan jantung dan kardiovaskular. Meskipun kuning telur tidak menunjukkan hubungan langsung dengan penyakit jantung, salah satu nutrisi di dalamnya, kolin, dapat mengatur fungsi kardiovaskular.

Jadi, pilihlah telur yang bertanda omega-3, yang dapat meningkatkan kinerja otak dan memori, mengurangi peradangan dalam tubuh, serta mengurangi risiko penyakit tertentu, termasuk penyakit jantung, asma, radang sendi, dan kanker.

2. Baik untuk kesehatan mata

Kuning telur juga baik untuk mata Anda. Kuning telur kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Kedua jenis nutrisi tersebut memiliki khasiat yang dapat membantu mencegah penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Selain itu, karotenoid dalam kuning telur berperan sebagai antioksidan bagi mata dan dapat melindungi diri dari radikal bebas yang dapat merusak bagian retina. Kerusakan pada retina sebenarnya mengganggu kemampuan mata untuk memfokuskan cahaya.

3. Baik untuk tulang dan gigi

Selain itu, kuning telur juga bermanfaat untuk tulang dan gigi Anda. Kuning telur adalah sumber alami vitamin D, yang baik untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot, serta membantu penyerapan kalsium. Vitamin D yang ditemukan dalam kuning telur membantu menjaga Anda tetap sehat dan memperkuat tulang dan gigi Anda.

4. Mengandung protein yang cukup

Kuning telur adalah sumber protein yang bagus. Di antara telur, kuning telur mengandung sekitar 2,5 gram protein.

Protein merupakan jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki jaringan tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta mendukung tumbuh kembang yang optimal pada anak.

See also  5 Penyebab Wifi Tidak Dapat Terhubung

5. Kaya vitamin

Vitamin merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi tubuh. Kuning telur mengandung lebih banyak vitamin daripada putih telur. Setiap kuning telur mengandung 7 vitamin: B6, asam folat, vitamin B, dan B-12, A, D, E dan K.

Vitamin ini hanya terdapat pada kuning telur, bukan pada putih telur. Faktanya, kuning telur adalah salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D alami.

Tips Makan Kuning Telur dengan Aman

 

Beberapa penelitian mengatakan bahwa makan telur dalam jumlah sedang tidak secara dramatis meningkatkan kadar kolesterol. Agar lebih aman, Anda bisa mengikuti tips berikut:

– Aman dikonsumsi maksimal 3 butir telur per hari selama tidak ada gangguan kesehatan.

– Jika Anda menderita penyakit jantung atau kolesterol tinggi, sebaiknya batasi konsumsi telur Anda tidak lebih dari 3 butir telur per minggu.

– Mengkonsumsi telur matang. Ini karena telur mentah atau tidak cukup panas dapat menyebabkan keracunan makanan.

– Lebih baik memasak telur rebus tanpa garam. Telur panggang dapat meningkatkan kandungan lemak hingga 50%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *