7 Hal Yang Bisa Anda Lakukan Jika HP Masuk Air

1. Matikan telepon Anda segera.

Kemungkinan besar ponsel jatuh ke air saat dihidupkan. Jika sudah, segera matikan. Jangan coba-coba langsung aktifkan kalau sudah mati.

Ini akan memperburuk situasi. Karena listrik dan air tidak bisa bercampur. Semakin banyak arus yang mengalir melalui telepon Anda, semakin besar kemungkinan korsleting.

2. Hapus semua komponen dari ponsel Anda

Kemudian keluarkan kartu SIM dan micro SD dari tempatnya. Jika Anda memiliki ponsel yang lebih lama, keluarkan juga baterainya. Keringkan semua komponen dengan handuk atau tisu. Kemudian biarkan bagian dalam slot mengering sebanyak mungkin sampai tidak ada lagi air di dalam slot.

3. Masukkan ponsel ke dalam nasi

Anda pasti sudah familiar dengan metode ini. Setelah Anda mengeringkan ponsel dengan handuk atau tisu, langkah selanjutnya adalah merendamnya dalam beras. Ini karena beras menyerap air dengan baik.

Pastikan semua bagian ponsel Anda tertutup. Biarkan selama 2-3 hari. Anda dapat membalik ponsel setiap jam untuk memastikan air terserap sepenuhnya.

4. Menggunakan gel silika

Jika Anda memiliki cukup silika gel, Anda dapat menggunakannya sebagai pengganti nasi. Tempatkan gel silika di kedua sisi ponsel Anda, terutama di area yang kemungkinan besar akan terkena air. Biarkan selama 2-3 hari sampai air benar-benar terserap.

5. Menggunakan kotoran kucing

Apakah Anda punya kucing di rumah? Anda masih bisa meminjam pasir bersih untuk mengeringkan ponsel Anda.

Anda membutuhkan setidaknya 4 cangkir pasir atau setara dengan 950 mililiter untuk menutupi semua sisi. Tuang pasir ke dalam baskom, taruh telepon di dalamnya dan biarkan di sana.

6. Apa yang tidak boleh dilakukan?

Ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan jika ponsel Anda terendam air. Berikut daftarnya:

See also  Begini Cara Menonton TV dengan HP anda

Jangan tekan tombol apapun.
Jangan hubungkan dengan pengisi daya.
Jangan meniup untuk mencegah air masuk ke dalam.
Jangan gunakan pengering rambut.
Jangan terlalu banyak menggerakkan ponsel.

7. Kemungkinan solusi pencegahan

Solusi pencegahan pertama, tentu saja, menghindari ponsel terendam air. Jangan membawa ponsel Anda saat berada di dekat toilet, toilet, dan wastafel. Juga, jauhkan mereka saat mencuci pakaian dan piring. Solusi selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan case anti air saat Anda membawa ponsel ke area basah.

Jika langkah-langkah di atas tidak dapat mengembalikan ponsel Anda menjadi normal, segera bawa ke pusat layanan tepercaya. semoga beruntung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *