8 Maanfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Pepaya merupakan salah satu buah yang sering kita jumpai. Pepaya berasal dari tanaman Carica papaya, dengan tinggi 5-10 m dan diameter daun 50-70 cm. Buah pepaya biasanya berbentuk lonjong atau silindris, panjangnya sekitar 15-45 cm dan diameternya 10-30 cm.

Pepaya berasal dari Amerika Tengah dan tumbuh subur di daerah tropis di mana curah hujan tinggi, tetapi suhu di dekat titik beku dapat merusak tanaman pepaya.

Buah pepaya mengandung banyak nutrisi dan vitamin, beberapa di antaranya adalah:

  • 2,7 g serat makanan.
  • 31 miligram (mg) kalsium.
  • 33mg magnesium.
  • Kalium 286mg.
  • 0,13 mg seng.
  • Vitamin C95.6mg.
  • 58 mikrogram (mcg) asam folat.
  • 1.492 Unit Internasional (IU) Vitamin A.
  • 0,47 mg vitamin E
  • 4,1 mcg vitamin K.

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan bisa disimak pada uraian berikut ini.

1. Meningkatkan kekebalan

Kaya akan vitamin C, pepaya adalah salah satu buah terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit dan infeksi. Buah pepaya juga mengandung vitamin A, B, dan K, yang meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Mencegah penyakit jantung

Kandungan serat, potasium, dan vitamin pepaya membantu mencegah penyakit jantung. Sebuah studi dari Pennsylvania State University menemukan bahwa likopen dan vitamin C yang ditemukan dalam pepaya dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Pepaya juga mengandung asam folat, yang penting untuk menurunkan kadar homosistein. Kadar homosistein yang tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, makan pepaya dapat menurunkan kadar homosistein, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Mengurangi resiko penyakit.

Penyakit Alzheimer Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif progresif yang menyebabkan sel-sel otak mati, menyebabkan gangguan memori dan hilangnya kemampuan intelektual secara bertahap.

See also  Ini Lah Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Bisnis Online!

Penyebab pasti penyakit Alzheimer masih belum diketahui. Namun, ketidakseimbangan dalam tubuh antara antioksidan dan radikal bebas diyakini menjadi penyebab kerusakan sel.

Menurut sebuah penelitian, ekstrak bubuk pepaya yang difermentasi dapat membantu melawan efek stres oksidatif pada orang dengan penyakit Alzheimer dan dapat memperlambat perkembangan penyakit.

4. Mencegah kanker payudara

Buah pepaya mengandung antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas penyebab kanker. Dalam sebuah penelitian tahun 2009 yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition, dari 14 buah dan sayuran yang diketahui aktivitas antioksidannya, hanya buah pepaya yang menunjukkan aktivitas antikanker terhadap sel kanker payudara.

5. Pengobatan Sembelit

Buah pepaya mengandung enzim yang disebut papain, yang membantu pencernaan. Pepaya kaya akan serat dan air, yang keduanya membantu mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

Selain itu, makan pepaya saat perut kosong diketahui dapat memurnikan racun di saluran pencernaan dan melancarkan buang air besar oleh enzim papain. Enzim ini juga dikenal dapat mencegah masalah pencernaan seperti kembung dan perut berair.

6. Pencegahan Diabetes

Buah pepaya memiliki indeks glikemik yang rendah, indikator yang digunakan untuk mengetahui jumlah makanan yang dapat mempengaruhi gula darah. Indeks glikemik yang rendah berarti kadar gula darah Anda tidak melonjak setelah Anda makan buah pepaya.

Makan pepaya dapat membantu mencegah diabetes. Menurut laporan tahun 2015 dalam jurnal Nutrition & Metabolism, pepaya memiliki sifat penurun gula darah yang bermanfaat bagi penderita diabetes. Buah ini juga mengandung flavonoid, antioksidan alami yang membantu mengatur kadar gula darah.

7. Jaga Kesehatan Mata Anda

Buah pepaya mengandung karotenoid yang dapat diubah menjadi vitamin A, vitamin yang berperan penting dalam kesehatan mata dan penglihatan. Pepaya juga mengandung dua senyawa khusus: lutein dan zeaxanthin. Senyawa ini ditempatkan di area mata untuk memberikan perlindungan dari sinar ultraviolet yang dapat merusak mata.

See also  Laptop Kalian Lemot ? Ini 7 Cara Yang Bisa Kalian Coba!

8. Meredakan peradangan

Pepaya mengandung kolin. Kolin adalah nutrisi yang sangat penting yang membantu tubuh kita tidur, gerakan otot, belajar dan memori. Kolin juga membantu menjaga struktur membran sel, membantu transmisi impuls saraf, membantu penyerapan lemak, dan meredakan peradangan kronis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *