Bahaya makan mie instan

1. Gangguan Pencernaan

Mie instan tidak baik untuk kesehatan sistem pencernaan karena sangat rendah serat dan nutrisinya. Jadi, Anda berisiko mengalami sembelit atau siklus buang air besar (BAB) Anda tidak lancar.

Pada dasarnya, Anda membutuhkan kandungan serat untuk memulai sistem pencernaan Anda. Ramen instan membuat Anda mudah merasa kenyang, tetapi makan terlalu banyak tidak baik.

2. Dengan MSG

Satu porsi Ramen Instan mengandung sodium glutamat (MSG) yang sangat tinggi. MSG adalah impian banyak orang karena rasanya yang enak. Namun, sering-sering mengkonsumsi MSG tidak baik untuk kesehatan.

Menurut laporan Healthline, kandungan MSG dapat menyebabkan kenaikan berat badan, tekanan darah tinggi, sakit kepala, dan bahkan mual. Bahkan, beberapa penelitian mengetahui bahwa MSG dapat menurunkan kinerja otak.

3. Natrium tinggi

Selain MSG, mie instan mengandung sodium yang tinggi. Konsumsi natrium yang sering dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Jadi, konsumsi mie instan harus dikurangi. Saya mengkonsumsi setidaknya 1-2 mie instan per bulan untuk jarak jauh.

4. Risiko Kanker dan Asma

Mi instan membutuhkan waktu lama untuk dicerna dan dapat menyebabkan kanker. Mie instan juga mengandung bahan kimia seperti TBH dan BHA yang bersifat karsinogenik. Kandungan tersebut dapat menyebabkan kanker bahkan menyebabkan diare pada asma.

5. Diabetes

Mie instan tidak dianjurkan untuk penderita diabetes karena dapat mengganggu gula darah dan pelepasan insulin. Makanan ini menyebabkan pencernaan menjadi lambat. Mie instan juga mengandung bahan kimia beracun dan pengawet yang tidak sehat.

6. Risiko Batu Ginjal

Mie instan dapat meningkatkan risiko batu ginjal. mengapa? Efek ini disebabkan kandungan garam pada mie instan yang sangat tinggi, yang dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal. Solusinya adalah dengan banyak minum air putih setelah makan ramen instan.

See also  5 Maanfaat Memakan Telur Dan Tips Makan Kuning Telur

Tips Sehat Makan Mie

 

  • Jika ingin makan mie, silahkan simak tips berikut ini.
  • Ramen instan hanya dikonsumsi 1 kali, bukan 2 kali makan.
  • Bagi mie instan terlebih dahulu sebelum disajikan di piring. Maka Anda perlu membuang sisa air mendidih berwarna kuning. Air jernih dapat digunakan untuk jus,
  • Bumbu mie kami buat dengan racikan bahan sendiri, menggunakan bahan dapur alami, tanpa tambahan mycin atau MSG.
  • Campur sayuran segar sebagai pengganti mie instan dan telur.
  • Ayo cicipi kepedasan alaminya dengan mengganti saus dengan cabai merah tanpa menambahkan saus.
  • Jika ingin sehat, Anda bisa memilih mie mentah dengan sayuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *