Cara mengatasi HP lemot dan panas

1. Perhatikan kapasitas memori

Ponsel merek Xiaomi adalah salah satu smartphone terberat di luar sana. Namun, jika jumlah memori tidak berbanding lurus dengan RAM, ponsel juga akan lag. Cara mudah mengatasi hp Xiaomi yang lemot adalah dengan memperhatikan penggunaannya. Ini andal akan meningkatkan kecepatan akses.

Jika data sudah padat dalam penyimpanan, itu segera dikosongkan dan dipindahkan ke wadah yang lebih besar. Ini membebaskan ruang kapasitas, yang mengurangi kemungkinan memperlambat ponsel Anda, meningkatkan ‘pernapasan’ ponsel Anda dan tidak memperlambat gerakan Anda.

2. Selalu perbarui perangkat lunak Anda untuk menghindari memperlambat HP Anda.

Perangkat lunak aplikasi selalu diperbarui. Itu melakukan hal yang sama untuk hampir semua akses, bukan hanya satu atau dua aplikasi. Hal ini untuk memudahkan mendapatkan informasi terbaru tentang aplikasi yang diunduh.

Apakah Anda ingin bermain game di ponsel Anda? Aplikasi game berbasis online memakan banyak RAM dan memori. Tidak aneh saat memainkannya, biasanya ponsel mudah hang. Salah satu cara mengatasi hp lemot saat bermain game adalah dengan mengupdate aplikasi dan software game tersebut.

Anda dapat meninjau bagian Pengaturan > Info Versi > Pembaruan Sistem, lalu pilih Periksa Pembaruan. Ini juga berlaku untuk game yang diunduh ke ponsel Anda. Pembaruan ini lebih lanjut memperbarui pengaturan ulang sistem, memberi ponsel Anda lebih banyak kebebasan untuk bergerak.

3. Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Dengan berbagai macam aplikasi di Play Store, Anda akan merasa menarik. Ini dapat dengan mudah dipasang saat tidak digunakan. Jika Anda memiliki terlalu banyak aplikasi yang tidak perlu, mudah untuk menutup telepon Anda. Salah satu cara mengatasi hp lemot yang bisa menjadi solusinya adalah dengan menguninstall aplikasi yang jarang digunakan.

See also  4 Cara Mengecilkan Perut Buncit

4. Bersihkan cache secara teratur

Sama seperti rumah yang sibuk, begitu juga ponsel. Salah satu tips untuk menyingkirkan banyak barang di rumah Anda adalah dengan memindahkan rumah ke tempat lain yang lebih luas. Ini juga berlaku untuk ponsel.

Sebaliknya, itu membersihkan cache, seperti item sementara, di tempat-tempat yang tidak akan pernah muncul lagi. Saya secara teratur menghapus cache setiap beberapa jam. Ini mengurangi daya kecepatan rendah ponsel karena menampung banyak “barang”. Ini adalah salah satu cara untuk mengatasi gerakan lambat ponsel Anda.

Cara? Buka menu Pengaturan > Aplikasi > Semua, temukan aplikasi yang ingin Anda bersihkan dan klik Hapus Cache. Selain cara ini, pembersihan juga bisa dilakukan dengan masuk ke menu Setting > Storage > Cache data dan pilih OK saat muncul pop-up.

5. Kurangi widget untuk menghindari memperlambat ponsel Anda.

Widget tampilan pasti akan membuat ponsel Anda lebih cantik. Namun, widget memakan banyak ruang dan kapasitas di ponsel. Ini akan membuat ponsel lebih lambat dari biasanya. Salah satu cara untuk mengatasi ponsel yang lambat dan bersuhu tinggi dengan widget adalah dengan mengurangi penggunaan widget.

6. Kecilkan atau matikan animasi di Android.

Animasi bergerak serta widget menghabiskan banyak memori. Untuk penggunaan optimal untuk ini, kurangi atau matikan sistem animasi ponsel Anda. Animasi gerak menarik ruang besar untuk bekerja.

Ini juga menguras baterai ponsel Anda lebih cepat karena menyerap energi dari aplikasi yang menggunakan animasi. Selain penalti kinerja, penggunaan animasi di Android juga tidak terlalu penting, sehingga Anda dapat mengurangi penggunaannya untuk sistem yang lebih lancar.

7. Reset pabrik jika terlalu lambat

See also  5 Manfaat Dari Kulit Manggis

Reset pabrik adalah cara terakhir untuk mengembalikan kecepatan kinerja ponsel. Memverifikasi bahwa data penting telah dipindahkan dan kembali ke pengaturan pabrik mungkin merupakan solusinya. Ini akan mengembalikan pengaturan pabrik, yang pasti akan membuat ponsel Anda lebih ringan.

Pastikan Anda lebih peka dan bijaksana dengan ponsel yang Anda gunakan. Ini tidak hanya memengaruhi kinerja, tetapi juga tingkat ruang yang tersedia. Jika Anda menggunakan banyak aplikasi, jangan memilih ponsel dengan RAM yang terlalu kecil. Sebaliknya, jika Anda menggunakan RAM dalam jumlah besar, pastikan isi dan data RAM tidak melebihi kapasitas untuk menerima data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *