Laptop Kalian Lemot ? Ini 7 Cara Yang Bisa Kalian Coba!

1. Hapus aplikasi yang tidak perlu

Cara pertama untuk mengatasi notebook lambat adalah dengan mengkategorikan apa yang Anda butuhkan dan apa yang tidak. Jika laptop Anda kehabisan RAM, penting untuk mengurangi jumlah aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan.

Dengan banyaknya aplikasi laptop, drive C akan mengisi kapasitas penyimpanannya dan sistem akan membutuhkan waktu lebih lama untuk membaca hard drive.

Setelah Anda menyortir aplikasi yang Anda butuhkan dan yang tidak, Anda dapat mulai mencopot pemasangan aplikasi yang tidak Anda perlukan untuk mengurangi beban RAM. Kemudian, setelah mereduksi aplikasi, periksa perbedaan antara laptop.

2. Buka aplikasi yang hanya digunakan saat itu

Pembukaan aplikasi yang berlebihan pada saat yang sama memaksa kinerja RAM dan dapat menjadi salah satu penyebab laptop lambat.

Anda perlu menyesuaikan penggunaan aplikasi Anda dengan spesifikasi laptop Anda. Atau, Anda dapat mengaktifkan Pengelola Tugas untuk mengontrol penggunaan RAM saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

3. Pembersihan desktop

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah dengan membersihkan desktop Anda. Memiliki banyak aplikasi di desktop juga menjadi salah satu penyebab notebook lambat merespon perintah pengguna.

Anda juga perlu mewaspadai aplikasi yang Anda jalankan saat laptop Anda dalam tugas peluncuran.

Jangan terlalu banyak menjalankan aplikasi. Laptop Anda mungkin melambat. Karena aplikasi berjalan di latar belakang, diam-diam menghabiskan ruang RAM.

4. Meningkatkan kapasitas RAM

Cara lain untuk mengatasi laptop lemot adalah dengan menambahkan RAM.

Namun, sebaiknya Anda tidak hanya menambah kapasitas RAM saja, tetapi juga memperhatikan spesifikasi RAM (RAM DDR3 atau RAM DDR3L, RAM DDR4) dan kapasitas RAM maksimal yang dapat diterapkan pada notebook Anda.

Anda bisa mendapatkan konsultasi di pusat layanan yang ditunjuk oleh perusahaan yang mengeluarkan laptop dengan cara yang lebih aman.

See also  Mengapa Membersihkan Cache Diperlukan

5. Lakukan pembersihan drive C

Jika notebook Anda lebih dari 3 tahun, biasanya memiliki kinerja yang buruk.

Salah satu solusi untuk itu adalah membersihkan drive C. Selain itu, hapus program dan aplikasi yang memengaruhi kinerja notebook untuk mengurangi kinerja.

6. Penggunaan bantalan pendingin

Jika laptop Anda terlalu panas, itu akan memperlambat laptop Anda dan memperlambatnya. Salah satu perangkat yang membuat laptop tetap dingin adalah cooling pad.

Laptop yang terbiasa overheat akan mengalami error karena secara langsung mempengaruhi RAM dan hardware lainnya. Oleh karena itu, memiliki cooling pad sangat penting untuk perawatan notebook.

7. Ganti memori HDD dengan SSD

Hard drive HDD memiliki kecepatan data yang relatif lambat. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu menggantinya dengan penyimpanan SSD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *