Apa cara terbaik untuk mencadangkan hard drive saya?

2 min read

Hard drive perlu dicadangkan dan dilindungi dari kehilangan data. Hard disk drive (HDD) rentan terhadap kerusakan fisik, seperti jatuh atau tumpahan air, dan juga dapat rusak karena usia. Hard disk dengan bagian mekanis mungkin gagal tanpa peringatan; mereka harus dianggap tidak dapat diandalkan setiap saat. Hard disk dengan memori solid state tidak memiliki bagian yang bergerak tetapi masih menghadapi risiko kerusakan data akibat lonjakan daya dan interferensi elektromagnetik (EMI). Cadangan hard drive harus menyertakan cadangan di luar lokasi jika terjadi bencana di rumah atau kantor Anda di mana Anda dapat kehilangan hard drive komputer dan drive cadangan jika disimpan secara lokal. Pencadangan hard drive akan melindungi dari risiko ini!

Ada banyak cara Anda dapat mencadangkan file, mulai dari layanan penyimpanan berbasis cloud seperti Dropbox dan Google Drive, hingga memilih metode tradisional menggunakan flash drive eksternal. Apa pun metode yang Anda pilih, pastikan itu andal, cepat, dan aman!

Pertama saya ingin berbicara tentang membuat cadangan file ke layanan penyimpanan online. Dropbox, misalnya, adalah layanan universal yang digunakan banyak orang karena kemudahan penggunaannya. Yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi ke komputer Anda dan file Anda akan secara otomatis dicadangkan ke server mereka. Apa yang membuat metode ini hebat adalah betapa mudahnya mengambil file Anda. Namun, jika Anda kekurangan ruang, ini mungkin bukan solusi terbaik untuk Anda. Anda dapat meningkatkan paket penyimpanan Anda untuk memiliki lebih banyak ruang kosong, tetapi harus membayar bulanan atau tahunan untuk itu. Google Drive sangat mirip dalam pendekatan dan fungsi karena keduanya adalah layanan berbasis cloud. Mereka bekerja sangat baik dengan aplikasi seluler mereka sehingga Anda dapat mengakses file Anda saat bepergian.

Dropbox dan Google Drive berfungsi dengan baik untuk mencadangkan file Anda, tetapi ada beberapa kerugian jika Anda memilih metode ini. Pertama, tidak semua orang memiliki akses ke Internet sepanjang waktu, jadi itu berarti file Anda tidak akan dicadangkan kecuali Anda memiliki akses atau terhubung ke jaringan Wi-Fi. Juga, jika Anda memiliki akses Internet terbatas selama perjalanan atau mencoba menghemat uang, ini mungkin bukan metode terbaik karena didasarkan pada konektivitas Internet.

Metode lain untuk membuat cadangan file menggunakan flash drive eksternal. Flash drive berukuran kecil, ringkas, dan sangat portabel sehingga Anda dapat menyimpannya di tempat yang aman saat tidak digunakan. Anda juga dapat menempelkannya ke gantungan kunci agar tidak mudah hilang. Port USB di komputer Anda adalah semua yang Anda perlukan untuk mengakses file Anda, dan tidak ada biaya bulanan yang terlibat.

Salah satu kekurangannya adalah jika port USB rusak atau rusak, maka itu tidak akan berfungsi lagi karena yang membuat flash drive unik adalah tidak disambungkan ke komputer. Juga, apa yang terjadi jika Anda lupa di mana Anda meletakkan drive USB Anda? Jika hilang atau salah tempat, maka Anda akan kesulitan mencari penggantinya.

Jika Anda mencari cara cepat dan mudah untuk mencadangkan file tanpa perlu repot, menggunakan layanan penyimpanan online mungkin merupakan pilihan terbaik untuk Anda. Tetapi jika Anda tidak memiliki akses yang konsisten ke Internet atau menginginkan cara yang lebih aman untuk melindungi data Anda, maka menggunakan flash drive eksternal adalah pilihan yang lebih baik. Apa pun metode yang Anda pilih, pastikan metode itu andal, cepat, dan aman!

Hard disk drive (HDD) rentan terhadap kerusakan fisik, seperti jatuh atau tumpahan air, dan juga dapat rusak karena usia. Hard disk dengan bagian mekanis mungkin gagal tanpa peringatan; mereka harus dianggap tidak dapat diandalkan setiap saat. Hard disk dengan memori solid state tidak memiliki bagian yang bergerak tetapi masih menghadapi risiko kerusakan data akibat lonjakan daya dan interferensi elektromagnetik (EMI). Cadangan hard drive harus menyertakan cadangan di luar lokasi jika terjadi bencana di rumah atau kantor Anda di mana Anda dapat kehilangan hard drive komputer dan drive cadangan jika disimpan secara lokal. Pencadangan hard drive akan melindungi dari risiko ini!

Ada banyak cara Anda dapat membuat cadangan file Anda, dari layanan penyimpanan berbasis cloud seperti Dropbox dan Google Drive, hingga memilih metode tradisional